PROGRAM KREATIVITAS
MAHASISWA
KEJAR SUPIR
BIDANG KEGIATAN :
PKM KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)
DISUSUN OLEH :
Didit
Alfiansyah
Fauzi
Muhamad A
Hafizh
Fajar
Giffari
Ramdhan Firdaus
TELKOM UNIVERSITY
BANDUNG
HALAMAN
PENGESAHAN
USUL PKM-KEWIRAUSAHAAN
1. Judul Kegiatan : Kejar Supir
2. Bidang Kegiatan : PKM-Kewirausahaan
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap : Didit
Alfiansyah
b. NIM :
1301154100
c. Jurusan :
S1 Teknik Informatika
d. Universitas :
Universitas Telkom
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Kp
Gondang rt 005/013 Kalideres Jakarta
Barat/081290661777
f. Alamat email :
diditalfiansyah@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 4
orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar : Hera
Meganova Lyra, M. Hum
b. NIDN : 0022037504
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Komplek Puri Indah
Blok B5
No.
19, Jatinangor
6. Biaya Kegiatan
Total
a. Dikti :
Rp ...............
b. Sumber lain :
Rp ...............
7. Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 bulan
Bandung, 24 September 2015
Menyetujui
Wakil Dekan Ketua Pelaksana Kegiatan
Bidang Pembelajaran dan
Kemahasiswaan/Pembantu Dekan III
( ) ( Didit
Alfiansyah )
NIP. NIM.
Wakil Rektor
Dosen
Pendamping
Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan
…………………………………………… (
)
NIP. NIP.
DAFTAR
ISI
Latar Belakang Masalah
Seiring
berjalannya waktu, kebutuhan akan kendaraan atau transportasi semakin
meningkat. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa, yaitu manusia yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Namun seiring
dengan meningkatnya kebutuhan akan kendaraan atau transportasi, sehingga
manusia dihadapkan dengan masalah padatnya kendaraan yang berada di jalan
sehingga menimbulkan kemacetan, susahnya mencari jasa transportasi umum yang
layak, atau tidak adanya waktu untuk menyetir sendiri karena sibuknya pekerjaan
ataupun karena terlalu lelah. Pada akhirnya, manusia memiliki pilihan lain
yaitu menggunakan tenaga jasa seorang supir sewa maupun supir pribadi.
Rumusan Masalah
-
Mengapa diperlukannya jasa seorang supir
online?
-
Bagaimana dampak penggunaan jasa supir
online?
Tujuan
Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk membantu
mengatasi kemacetan yang ada di Indonesia, membuka lowongan pekerjaan baru dan
meringankan pengguna jasa supir online untuk bepergian ke tempat yang
diinginkan.
Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari
PKM ini adalah terciptanya suatu aplikasi yang memudahkan bagi pengguna jasa
supir untuk menyewa seorang supir yang dapat digunakan jasanya sesuai kebutuhan
si penyewa pengguna jasa supir onli
Kegunaan
Adapun kegunaan program wirausaha yang dimaksud
adalah:
1. Membantu
suatu individu atau kelompok tertentu yang membutuhkan jasa supir.
2. Menyediakan
lapangan pekerjaan baru bagi seseorang yang mempunyai keahlian dalam menyupir.
3. Melatih
kreativitas mahasiswa dalam menciptakan inovasi terhadap menciptakan ruang
usaha baru.
4. Memberikan
produk inovatif dan alternatif baru kepada masyarakat dengan menggunakan system
aplikasi online yang lebih modern dan lebih mudah untuk digunakan.
Gambaran Umum Rencana Usaha
Rencana usaha ini memiliki tujuan yang baik, yaitu ingin
membantu dan memudahkan kebutuhkan masyarakat terhadap keperluan akan jasa
supir. Di tengah masa modern seperti sekarang, kebanyakan orang menggunakan
alat transportasi. Maka dari itu kami menciptakan sebuah aplikasi berbasis
Online yang bernama Kejar Supir, Berikut adalah gambaran secara umum usaha ini
:
1. Produk
Produk yang kami lakukan pada usaha Kejar
Supir adalah berupa jasa
2. Harga
Sistem untuk pembayarannya kami menggunakan
bagi hasil, untuk pekerja mendapatkan 80% sedangkan untuk pengelola 20%. Tarif
untuk jasa supir ini kami menggunakan sistem hitungan perhari, kami mematok
tarif sebesar Rp. 200.000/hari.
3. Tempat
Kantor perusahaan Kejar Supir ini terletak di
Jl. Supir no.5 Bandung. Kami menempatkan kantor disini karena tempat ini berada
di pusat kota, sehingga mudah untuk dijangkau.
4. Promosi
Pada umumnya sesuatu yang baru itu harus
disosialisasikan. Maka kami memiliki berbagai macam untuk media promosi
·
Promosi secara langsung
Promosi secara langsung ini kita lakukan
dengan melakukan interaksi secara langsung dengan masyarakat dengan membagikan
brosur-brosur yang menjelaskan mengenai Kejar Supir ini. Untuk tempatnya berada
di kawasan yang ramai supaya promosi bisa lebih mudah.
·
Promosi secara tidak langsung
Untuk promosi secara tidak langsung kami
lakukan dengan media online. Kita akan membuat sebuah situs yang dimana di
dalam situs itu menjelaskan apa itu Kejar Supir dan bagaimana cara penggunaan
aplikasinya. Kami juga akan melakukan promosi melalui media sosial seperti
Facebook, Twitter, BBM, Line dll.
5. People
Untuk tenaga kerja yang kami gunakan, kami
akan memasang iklan di koran. Setelah banyak yang mendaftar kami akan melakukan
seleksi, ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi. Diantaranya : memiliki
SIM, sudah berpengalaman dalam menyupir, jujur, dan disiplin dalam bekerja.
Sedangkan untuk kami sebagai perilis usaha
ini bertugas sebagai pemantau dan mengatur proses berjalannya usaha ini.
6. Proses
Untuk sistem kegiatan dari usaha ini, kami akan menunggu
order dari client yang menggunakan aplikasi Kejar Supir. Jika ada yang memesan,
Maka secara otomatis kami akan memberikan notifikasi kepada supir bahwa ada
yang memesan dan kami juga mengirimkan data kepada supir ke tempat mana dia
harus pergi.
Metode Pelaksanaan
1. Tahap Produksi
a. Survei Pasar
Survey pasar dilakukan untuk mencari tempat pemesanan bahan baku yang paling murah dan bisa mensupplai bahan baku secara berkelanjutan dengan standar kualitas yang sesuai.
1. Tahap Produksi
a. Survei Pasar
Survey pasar dilakukan untuk mencari tempat pemesanan bahan baku yang paling murah dan bisa mensupplai bahan baku secara berkelanjutan dengan standar kualitas yang sesuai.
b. Pemesanan bahan
baku dilakukan setelah melakukan survey pasar dan dilakukan secara
kontinue sesuai dengan jadwal produksi serta memiliki spesifikasi
bahan yang sesuai dengan standar kualitas yang terbaik.
c. Pembuatan desain seragam pegawai
Pembuatan desain seragam dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan standar kerja pegawai. Desain produk dilakukan dengan pembuatan desain kemeja berlogo perusahaan dan disisipi unsur batik yang menarik serta memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi serta dilengkapi nama pegawai pada setiap seragam yang pegawai kami kenakan.
2. Tahap Persiapan Pembuatan Media Pendaftaran Pegawai Sebelum masuk dalam tahap perekrutan pegawai terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan yaitu dengan menyediakan suatu media untuk penyalur antara perusahaan dan masyarakat yang berminat bekerja sama dengan perusahaan kami berupa pembuatan web.
3. Tahap Perekrutan Pegawai
Kegiatan ini dilakukan untuk mencari orang-orang yang mau dan siap bekerja sama dengan perusahaan kamu yang bergerak dalam bidang jasa.
4. Persiapan Media Pemasaran dan Desain Publikasi Mempersiapkan dan mendesain media pemasaran seperti banner, pamflet, brosur dan media sosial (blog, facebook, twitter dan email). Dalam kegiatan ini juga dilakukan analisa terhadap tempat-tempat yang cukup potensial untuk pemasaran/publikasi dari pelayanan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan kami.
5. Pelatihan yang Menunjang Kinerja Pegawai
Kegiatan ini di maksudkan untuk memberikan pembekalan materi dan pelatihan terhadap pegawai agar memiliki standar kerja yang baik.
6. Pembuatan Kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM)
Memberi kelengkapan SIM terhadap setiap pegawai merupakan acuan bahwa pegawai yang kami beri peluang untuk bekerja sama dengan perusahaan kami tentu sudah memiliki kelayakan standar berlalulintas dengan mengantongi SIM. Sehingga kami menjamin bahwa pegawai kami sudah memiliki standar kerja dengan baik.
7. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
a. Perekrutan Pegawai
Perekrutan pegawai dilakukan secara bertahap melalui sistem online yang sudah kami sediakan dalam bentuk web. Bagi siapa saja yang berminat untuk bergabung dengan perusahan kami mereka bias mendaftarkan diri melalui website kami www. ........ . Didalam web kami sudah menyediakan panduan untuk melalukan pendaftaran. Di tahap pertama para pendaftar akan diminta untuk mengisi data diri secara lengkap terlebih dahulu. Lalu kami akan memberikan nomor pendaftaran yang nantinya sebagai tanda bukti bahwa mereka lolos ke tahap selanjutnya. Di tahap kedua kami akan melakukan sleksi terhadap para pendaftar dengan melihat data diri yang mereka isi. Lalu untuk tahap selanjutnya bagi mereka yang lolos akan diminta datang ke kantor perusahaan kami untuk melakukan wawancara dan apabila lolos pada tahap wawancara akan langsung di berikan pelatihan oleh pihak perusahaan sekaligus peresmian dengan menandatangani kontrak dengan perusahaan kami dan pemberian seragam kerja.
b. Publikasi dan Pemasaran
Pemasaran dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu dengan media
sosial dan penyebaran banner, pamflet dan brosur pada tempat-tempat
potensial.
c. Kuisioner
Penyebaran kuisioner dimaksudkan untuk mengevaluasi dari pamasaran dan
pelayanan yang kami berikan, untuk dikembangkan pada pemasaran dan
pelayanan selanjutnya dalam rangka melayani dan memuaskan keinginan
customer.
Tahap Evaluasi
Evaluasi kegiatan mencakup dua aspek target eveluasi, yaitu sistem
pelayanan dan pemasaran. Evaluasi pelayanan dilakukan untuk mengetahui
tingkat kepuasan costumer terhadap segala aspek pelayanan yang kami
berikan. Evaluasi pemasaran dilakukan untuk mengetahui tercapai
tidaknya target-target / sasaran pengguna jasa layanan kami agar usaha
ini sesuai dengan BEP yang telah dicanangkan.
Jadwal kegiatan
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
||||||||||||||||||||
|
|
Bulan
1
|
Bulan
2
|
Bulan
3
|
Bulan
4
|
Bulan
5
|
||||||||||||||||
1.
|
Perencanaan
Kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pengenalan
Kepada Masyrakat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pembuatan
Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Penyerahan
Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jenis Pengeluaran
|
|
Biaya (Rp.)
|
|
1
|
Alat-alat
|
15-25 %
|
Rp.4.000.000
|
2
|
Biaya pembuatan kantor cabang dan
fasilitas
|
20-35 %
|
Rp10.000.000
|
3
|
Transportasi
|
15-25 %
|
Rp.2.000.000
|
4
|
Lain-lain
|
Maks.15 %
|
Rp.1.000.000
|
Jumlah
|
|
Rp.17.000.000
|
Rancangan
Biaya
Daftar pustaka
Lampiran
Biodata Ketua
a. Nama Lengkap : Didit Alfiansyah
b. NIM :1301154100
c. Jurusan : S1 Teknik
Informatika
d. Universitas : Universitas Telkom
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
f. Alamat email :
Biodata Anggota
1) a. Nama Lengkap : Fauzi Muhamad Alfath
b. NIM :
c. Jurusan :
S1 Teknik Informatika
d. Universitas :
Universitas Telkom
e. Alamat Rumah dan
No Tel./HP :
f. Alamat email :
2) a. Nama Lengkap : Muhamad Hafizh Fajar
P
b. NIM :
c. Jurusan :
S1 Teknik Informatika
d. Universitas :
Universitas Telkom
e. Alamat Rumah dan
No Tel./HP :
f. Alamat email :
3) a. Nama Lengkap : Giffari Ramdhan
Firdaus
b. NIM :
c. Jurusan :
S1 Teknik Informatika
d. Universitas :
Universitas Telkom
e. Alamat Rumah dan
No Tel./HP :
f. Alamat email :
Biodata Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar : Hera Meganova Lyra, M. Hum
b. NIDN :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
a. Nama Lengkap dan Gelar : Hera Meganova Lyra, M. Hum
b. NIDN :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
d. Alamat email :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar